Personal

Pak Salim Jenggot, demikian orang di Tapus memanggil Bapak yang bernama lengkap Salim Senawar ini,  Bapak 4 orang anak ini sejak kecil  mempunyai kepekaan batin dan hubungan emosional dengan leluhur masyarakat Desa Tapus dan Umumnya Jurukalang, dan dari kecil juga  beliua belajar banyak dengan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Jurukalang dan seantero Rejang tentang Sejarah Adat Rejang.

Erwin S Basrin, adalah Delarator Aliansi Masyarakat Adat Rejang Tapus Pat Petulai (AMARTA), sekaligus menjadi pengurus Priode pertama AMARTA,  Pria yang dilahirkan di Tapus ini belajar banyak tentang adat Rejang dengan beberapa tokoh  seperti Salim Senawar,  dan mantan-mantan Pesirah Rejang (Gulam Ahmad, Datuk Ramli, Sabirin Wahit dll) serta membaca banyak tentang adat Rejang dari beberapa literatur.

Ugik demikian biasa di panggil Pria yang lengkap bernama Sugian Bahanan ini, sejak awal pembentukan AMARTA Sugian Bahanan aktif membantu kerja-kerja Eksekutif yang di komando oleh Erwin S Basrin, setelah Priode kepengurusan Erwin S Basrin, Estapet Kepemimpinan AMARTA dilanjutkan oleh Sugian Bahanan, pria yang punya keahlian dalam pendokumentasian ini sampai saat ini masih menikmati status bujangannya dan masih serius mencari jati diri (demikian oleh Pria kelahiran Tapus ini sering bilang……)

Hadiyanto Kamal, Pria Kelahiran Desa Tapus yang menamatkan studi S1 nya di Universitas Bengkulu ini merupakan penerus estapet kepemimpinan Sugian Bahanan, ada banyak perubahan yang dilakukannya di AMARTA terutama dalam penguatan jaringan dan pembenahan management di AMARTA, Pria serius yang Hobi menulis dan mambaca tentang literatur adat, lingkungan dan Sosialisme.

Henderi S Basrin saat ini menjadi Ketua AMARTA, pria serius ini merancang hampir semua program AMARTA bersipat implementatif, Sanggar AMARTA, Pertanian Organik dan mendokumentasi sistem lokal adalah fokus program AMARTA saat ini, pria dengan 2 orang anak ini adalah kelahiran Desa Tapus pada tahun 1979.

Pipian Subirto, SH, di komunitas AMARTA di di panggil dengan sebutan Pipin, sejak masih aktif kulian dia membantu kerja-kerja AMARTA, terutama pada analisa hukum adat sekaligus berdikskusi banyak dengan para pihak di Rejang Lebong, Lebong, Kapahiang dan Bengkulu Utara terutama dalam mencari bentuk yurisfrudensi hukum adat dan hukum nasional.

 

Dhendi Saputra, SKm adalah Sekretaris Pelaksana Aliansi Masyarakat Adat Rejang Pat Petulai hasil Musyawarah Besar yang dilaksanakan pada tahun 2010, dialah yang akan mengkomandani AMARTA untuk priode tahun 2010-2014, pada priode ini nama Tapus di AMARTA dihilangkan untuk memperluas dukungan bagi gerakan masyarakat dan mencoba mengunakan pendekatan Suku dan coba untuk tidak terjebak pada sukuisme yang sempit. Priode AMARTA dibawah Pimpinan Dhendi Saputra lebih kuat pada penataan ruang kehutanan agar lebih mengakomodir kebutuhan masyarakat adat dalam mengakses dan pengontrol semua sumber daya alam yang ada diwilayah-wilayah adat.

 

 

Iklan

6 comments on “Personal

  1. Hebat uku salut ngen kepedulian udi kute nak lem mengorganisasikan dan mendinamisasikan potensi de ade nak masyarakat Topos khusus ne dan tun Jang pada umum ne…. saluuut…. terus bejuang

  2. uku tun jang kulo tp uku lai nak lampung jdei uku coa pade miling bahasei jang ,tulung kilak kumu kirim kamus jang maga lageu ne…..ou….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s