Tsk Penyerobot Lahan PT Agri Andalas Jadi 9 Orang Polres: Penahanan Sudah Sesuai Ketentuan!

RB/Kamis, 15-Mei-2008

http://www.harianrakyatbengkulu.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=1272

ARGA MAKMUR – Tersangka kasus penyerobotan lahan milik PT Agri Andalas kemarin bertambah tujuh orang. Berarti saat ini tercatat sudah sebanyak sembilan orang warga yang menjadi tersangka.


Dari sembilan warga yang ditetapkan sebagai tersangka tersebut, hanya dua orang yang ditahan. Tujuh orang terakhir yang ditetapkan sebagai tersangka tidak dilakukan penahanan. Ketujuh warga tersebut bernama Harta Jaya (51), Ahmad Kadim (56), Alman (41), Katim (78), Dehotman (49), Barman (52) dan Rislan (46). Mereka hanya dikenakan wajib lapor. Sedangkan dua warga lainnya yakni Bambang dan Jekson masih mendekam di sel tahanan Mapolres BU.]

Kapolres BU, AKBP Kasmudi, SIK melalui Kasat Reskrim Polres BU, AKP Permadi SP, SIK kepada RB kemarin menegaskan bahwa penahanan dua tersangka serta penetapan 7 warga lainnya sebagai tersangka tidak prematur. Menurut Permadi, hal tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam UU Kehutanan No. 18 Tahun 2004 Pasal 47 Ayat 1 dan 2 tentang penyerobotan lahan. Ancamannya, maksimal 5 tahun penjara atau denda paling banyak Rp 5 miliar.

‘’Jadi jelas berdasarkan UU tersebut penahanan bukan prematur. Sebab akibat ulah tersangka telah mengganggu jalannya usaha perkebunan. Bahkan, kedua tersangka yang sejak awal kita tahan ketangkap basah saat sedang menggarap lahan. Jadi kita tidak mungkin melakukan secara paksa jika tidak sesuai dengan ketentuan,’’ bantah Permadi.

Ditegaskan Permadi, dalih yang digunakan para tersangka dalam menggarap lahan yakni pemanfaatan lahan tidur juga tidak tepat sebab lahan tersebut tidak dalam keadaan terlantar. ‘’Kalau memang lahan tersebut merupakan lahan tidur seharusnya masyarakat pamit dulu dong kepada pihak perusahaan. Selain itu lahan juga tidak bisa dimiliki. Kalau tidak melakukan itu, berarti telah melanggar UU kehutanan. Buktinya, pada saat ditangkap, dua tersangka sedang menggarap di lahan perusahaan yang di dalamnya terdapat tanaman sawit. Umurnya berkisar antara 1-2 tahun,’’ terang Permadi.

Permadi mengatakan hingga saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut. Jika terbukit, besar kemungkinan tersangka masih dapat bertambah. Selain menetapkan 9 warga sebagai tersangka, petugas juga mengamankan barang bukti berupa parang, pohon sawit yang sudah ditebang, jerigen dan terpal. (waw)

5 comments on “Tsk Penyerobot Lahan PT Agri Andalas Jadi 9 Orang Polres: Penahanan Sudah Sesuai Ketentuan!

  1. Terima kasih telah berkunjung ke Blog AMARTA, beberapa berita di RB yang kami post di Blog ini sebenarnya merupakan permintaan lembaga jaringan AKAR untuk meng Up Date beberapa berita terkait dengan advokasi yang di lakukan oleh AMARTA atau berita yang di post dari RB adalah ‘Kliping” on Linenya AMARTA, dan ini menjadi pentinga sekali bagi Data Based, konsumsi dan bahan analisa media bagi AMARTA secara kelembagaan dan jaringan,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s