Trans Lubuk Mumpo Bisa Tumpah Darah

RB/Senin, 01-Oktober-2007

KOTA PADANG – Persoalan lahan transmigrasi di Desa Lubuk Mumpo SP IV Kecamatan Kota Padang bisa berujung pada pertumpahan darah. Itu bila Pemkab RL tetap nekat melakukan pembukaan lahan baru. Penegasan ini diungkapkan 3 perwakilan warga yakni Satria Rizal, Arpansi RS dan Eman.     

”Sejak kedatangan buldozer, mayoritas warga penggarap lahan terus bersiaga. Kami sudah tidak bisa tidur nyenyak. Dan kalau buldozer itu nantinya benar melakukan pembukaan lahan baru, maka kami akan melakukan perlawanan. Kami akan hadang. Jadi diperkirakan, bila itu terjadi, akan ada korban,” tegas Satria Rizal.

Informasi yang didapat warga, buldozer itu akan membuka lahan jalan tembus sepanjang 35 Km, untuk kemudian membuat pemukiman baru. Padahal dalam pertemuan dengan Pemkab dan DPRD RL sebelumnya, disepakati program lanjutan tahun 2006 tetap dilaksanakan tanpa ada penggusuran lahan baru. Dan penggusuran lahan baru berdasarkan kesepakatan tim investigasi.

Kesepakatan itu ditandatangani, Wakil Ketua DPRD Indra Syafri, SH, Wabup Iqbal Bastari, S.Pd, Ketua Komisi III Yurizal, dan 4 perwakilan warga. Yakni M Rozak, Arpansi, Arjuna dan Satria Rizal.

”Sudah sangat jelas, tidak ada namanya pembukaan lahan baru. Jadi kenapa sekarang masih mendatangkan buldozer segala. Pokoknya kami berharap, Pemkab mentaati kesepakatan itu. Dan kalau dilanggar, kami tentu akan melakukan perlawanan,” timpal Eman.

Sekadar diketahui, situasi di lokasi trans Lubuk Mumpo kembali memanas, setelah ada I unit buldozer yang diback up aparat ”nongkrong” di wilayah trans.

Warga menduga, buldozer itu akan melakukan pembebesan lahan. Sedangkan puluhan aparat, sore kemarin, sudah ditarik dari lokasi. ”Kalau aparat sudah ditarik. Tapi buldozer masih ada,” ungkap Rizal.

 

Sementara itu, rencananya hari ini, perwakilan warga akan mendatangi Pemkab RL. Tujuannya membicarakan kondisi di lokasi trans. Sebelumnya mereka sudah menemui Wakil Ketua DPRD Indra Syafri, SH. ”Kami rencananya akan menemui Pak Sekkab langsung,” ungkap Rizal.(hay)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s