Trans Kota Padang Segera Dicek

RB/Selasa, 06-Nopember-2007

BENGKULU – Dinas Transmigrasi dan Pemukiman Perambah Hutan ( Trans & PPH) Provinsi bakal menindaklanjuti persoalan proyek Transmigrasi Kota Padang. Mereka akan turun ke Rejang Lebong untuk mengecek langsung laporan sesungguhnya. Hal ini diungkapkan Kadis Transmigrasi dan PPH Provinsi Bengkulu Drs Hasan Zen Bakri ketika ditemui RB usai halal bihalal di kantor Dinas Trans & PPH, Jln. Pembangunan Jembatan Kecil kemarin.      

Diakui Hasan Zen, proyek transmigrasi itu dilakukan pemerintah pusat dengan tujuan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Sehingga harus sungguh-sungguh dikelola sesuai aturan yang ada. Tidak boleh sembarangan mengelola proyek trans, ungkap Hasan Zen.

Menanggapi data yang disampaikan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman) Wilayah Bengkulu, Hasan Zen akan mempelajarinya. Menurutnya, selama ini pihaknya selalu menerima laporan. Memang proyek itu langsung dikelola Pemkab. Namun Provinsi sebagai pembina transmigrasi kabupaten berwenang memonitoring pelaksanaan proyek. Akan dicek secepatnya ke lapangan, imbuhnya.

Kemudian, lanjutnya, tidak boleh peserta transmigrasi pulang semaunya. Harus diketahui oleh Bupati Rejang Lebong, dan bupati tempat warga trans berasal. Dan lahan transmigrasi tidak boleh diperjual-belikan, tegasnya.

Sementara itu, Dewan Aman Pusat, Joni Irwan, SP menyambut baik respon positif Dinas Trans & PPH Provinsi tersebut. Sebab menurut Aman, pekerjaan Dinas Transmigrasi Kabupaten Rejang Lebong diduga tidak ada yang benar.

Pemkab lebih cenderung menjadikan proyek Trans hanya sebagai ladang untuk mendapatkan proyek. Memang sudah seharusnya Provinsi memonitoring ke lapangan, ujar Sekretaris Badan Pengurus Yayasan Ulayat ini. (joe)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s