PT Sandabi Garap Lahan Bermasalah

BE/Kamis, 06-Maret-2008

 

 

 


ARGA MAKMUR, BE – Penggarapan lahan seluas 649 hektar oleh PT Sandabi di Kecamatan Padang Jaya dan Giri Mulya menyalahi aturan dan diduga illegal. Lahan tersebut sejauh ini belum memiliki hak pengelolaan hutan terbatas (HPT) yang dikeluarkan oleh Menteri Kehutanan. Namun oleh PT Sandabi, lahan tersebut sudah ditanami dengan kelapa sawit.

Usaha dari Pemkab Bengkulu Utara (BU) melalui Dishutbun dengan memberikan teguran kepada PT Sandabi untuk menghentikan penanaman di lahan yang belum disetujui HTP- nya itu. Pengolahan lahan seluas 649 Ha oleh PT Sandabi belum mendapatkan HPT. Tapi PT Sandabi sudah memanfaatkan lahan tersebut dengan menanami kelapa sawit, terang Kadishutbun, Ir M Edy Susanto.

Menurutnya, untuk penggarapan lahan tersebut harus dilakukan pembebasan lahan terlebih dahulu dengan mengantongi HPT. PT Sandabi memang telah mengajukan kepada pemerintah untuk membuka lahan perkebunan. Namun usulan ini belum terselesaikan karena proses administrasinya terhenti. Hal itu dikarenakan kendala dari Pemerintah Provinsi Bengkulu yang mengajukan kepada Menhut.

Dishutbun juga telah meminta kepada PT Sandabi untuk menghentikan aktivitas penanaman di lahan yang bermasalah tersebut, katanya.(212)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s