Kab. Kepahiang Siap Pasok Pupuk Kompos

 

RB Sabtu, 08-Maret-2008

 

 

 

 

KEPAHIANG – Kepahiang segera menjadi sentra produksi pupuk organik atau kompos. Bahan baku kompos itu adalah sampah kota. Pengolahan sampah kota itu dipercayakan kepada PT Dharma Satria Mandiri. MoU pengeloaan sampah itu sudah ditandatangani Bupati Kepahiang Drs H Bando Amin C Kader MM dengan Manager Umum PT Dharma Satria Mandiri, R. Soeyatno, Jumat (7/3).

Sistem pengelolaan sampah kota itu menggunakan teknologi digester tank. Kapasitas tank 400 ton per hari. Lahan TPA yang dibutuhkan sudah disiapkan sekitar 10 hektare di Desa Muara, Langkap Kecamatan Bermani Ilir.

”Sampah yang masuk akan disortir sesuai dengan jenis dan bentuknya. Sampah organik dan an organik akan dipisah-pisah. Sampah organik diolah dengan mesin. Sedangkan sampah organik diolah menjadi pupuk kompos,” jelas Manager Umum PT Dharma Satria Mandiri, R. Soeyatno dalam paparannya di hadapan Bupati.

Mesin-mesin pengolah sampah itu lanjut R. Soeyatno akan didatangkan langsung dari Australia. Sehingga, dalam 2 bulan ke depan, sampah di Kota Kepahiang sudah dapat diolah dan dimanfaatkan sebagai pupuk kompos. Sedangkan sampah jenis plastik, kaca, logam, aluminium dan karet dapat didaur ulang.

Dikatakan, cara kerja Digester Tank sangat sederhana. Sampah yang sudah dipisah-pisahkan jenisnya dimasukkan ke dalam digester tank sebagai tangki pembusuk dengan proses anaerob. Gas yang dihasilkan disalurkan melalui pia gas atau gas outlet pipe ke tangki penampung gas. Selanjutnya, gas digunakan untuk menggerakkan generator listrik.

”Teknologi pengolahan sampah ini diadopsi dari Australia. Investasi yang ditanamkan tidak terlalu besar. Investasi ini akan kita kelola selama 12 tahun,” ujar R Soeyatno. (iei)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s