Demo Lahan Trans Ditunggangi

RB/Rabu, 08-Agustus-2007    

CURUP – Maraknya aksi demo warga soal proyek transmigrasi di Desa Lubuk Mumpo Kecamatan Kota Padang diduga ditunggangi oknum tertentu. Perkiraan ini diungkapkan Ketua DPC PPP Kabupaten Rejang Lebong, Erfensi. Alasannya, tahapan proyek tersebut sudah sesuai aturan yang ada. 

Serta perangkat desa setempat sudah merestui digarap proyek tersebut. ”Sejak awal perangkat desa di sana sudah mengizinkan proyek itu direalisasikan. Artinya kan tidak ada masalah lagi. Nah, perkiraan saya, ada oknum yang bermain dalam persoalan itu (proyek trans),” ujar Erfensi pada RB per telepon, kemarin.

Selanjutnya, atas dugaan itu, Erfensi berharap Pemkab RL segera membentuk tim intelijen guna melacak siapa-siapa oknum yang bermain di belakang aksi demo warga tersebut. ”Kuat dugaan ada oknum yang bermain. Makanya kami mengimbau Pemkab RL segera membentuk tim intelijen. Jika memang ada, tangkap saja. Jangan pandang bulu,” tegasnya.

Erfensi sendiri menilai proyek transmigrasi di Kota Padang cukup banyak manfaatnya. Selain di bangun jalan dan sarana lain, Kecamatan Kota Padang juga ramai.

”Kami minta proyek itu dijalankan terus. Jangan sampai dihentikan. Soalnya, proyek itu banyak manfaatnya. Bukan hanya bagi warga Kota Padang, tapi juga buat warga RL. Salah satunya daerah kita kian ramai,” terangnya.

Sebelumnya, sedikitnya 300-an warga yang mengaku pengarap lahan yang akan dijadikan lokasi trans di Kota Padang melakukan aksi di DPRD RL. Mereka mendesak Pemkab RL menghentikan proyek tersebut.

Alasannya, proyek itu menyengsarakan rakyat.

Tapi setelah bertatap muka sekitar 5 jam dengan eksekutif dan legislatif, disepakati proyek 2006 tetap dilakukan namun tidak ada lagi penggusuran lahan baru. (Hay)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s