Bukit Kaba dan Bukit Daun Dijarah

BE/Jumat, 18-Januari-2008

 

 

 


KEPAHIANG, BE-Kawasan taman wisata alam Bukit Kaba dan hutan lindung Bukit Daun telah dijarah oleh perambah hutan. Hal ini terbukti setelah kemarin, Tim Polhut Dishutbun Kepahiang berhasil mengamankan 3 kubik kayu jenis balam berbagai ukuran dari taman wisata alam Bukit Kaba di sekitar 4 km pinggir jalan Desa Barat Wetan.

Selain itu, Tim Dishutbun juga berhasil mengamankan 2 kubik kayubakar rimbo campuran yang berasal dari hutan lindung Bukit Daun Register 5 di pinggir jalan lintas Kepahiang-Taba Penanjung.
Kayu-kayu yang berhasil diamankan itu kemudian diamankan di Dishutbun Kepahiang.
Puluhan kayu balam yang diamankan terdiri dari ukuran 10×10, 7×14 dan 3×20.

Pengamanan kayu hasil ilegal logging di taman wisata alam Bukit Kaba itu sendiri berawal ketika Polhut dibawah pimpin Syaiful dengan anggota Migus Dwiputra, Eka Wanda, Adrian Taresa, Salamun, Dedek dan Ricki Mardiansyah melakukan patroli rutin. Saat melintas di kawasan tersebut, mereka mendapati tumpukan kayu yang masih berserakan dan belum selesai diangkut oleh penebangnya. Melihat hal ini, Polhut langsung mengamankan kayu-kayu curian yang sudah tak bertuan itu.

Kadishutbun Kepahiang Ir Ris Irianto membenarkan adanya penemuan kayu. Saat ini kita tengah melacak siapa pemilik kayu tersebut, ujar Irianto.
Disisi lain, Irianto juga mengharapkan Pemkab Kepahiang untuk dapat mengalokasikan kendaraan operasional bagi Polhut.

Saat ini Polhut belum memiliki kendaraan operasional. Baik kendaraan untuk patroli maupun kendaraan untuk mengangkut kayu hasil temuan tersebut, ujar Irianto. Jika ada temuan kayu yang berasal dari hutan lindung itu, saat ini kita masih menyewa truk untuk mengangkutnya, tambahnya.(136)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s