6.250 Bibit Sawit Palsu Dibakar

BE/Rabu, 30-Januari-2008

 

 

 


GIRI MULYA, BE – 6.250 batang bibit kelapa sawit yang dianggap palsu di Kecamatan Giri Mulya kemarin dimusnahkan dengan cara dibakar. Pembakaran bibit tersebut dilakukan oleh Kepala Badan Pengawasan Pengujian Mutu Benih (BP2MB), Zulkifli , Camat Giri Mulya, Alek Fitriansyah, Kapolsek Giri Mulya, Iptu Arif Rahman, Wakil Kadis Pertanian dan Peternakan BU dan perwakilan dari Kejaksaan Negeri Arga Makmur.

Pembakaran bibit ini merupakan permintaan dari kelompok tani penerima bibit tersebut, karena disinyalir bibit tersebut palsu. Apabila ditanam tidak akan menghasilkan panen yang maksimal dan akan merugikan petani. Rencananya 6.250 bibit sawit akan
ditanam di atas lahan seluas 41 hektar.

Kami meminta kepada unsur Muspida untuk melakukan pembakaran terhadap bibit kelapa sawit yang diduga palsu tersebut. Karena apabila ditanam hanya akan merugikan petani, karena panen tidak akan maksimal yang disebabkan buahnya sedikit, ungkap Edi Sugiarto warga Giri Mulya.

Dalam acara pembakaran bibit sawit tersebut juga disepakati bahwa bibit sawit palsu tersebut langsung diganti dengan bibit sawit yang baru dengan kualitas yang baik. Kelompok tani yang mendapatkan bibit sawit tersebut merasa lega karena bibit palsu yang dibakar telah diganti dengan bibit yang kualitasnya bagus, ujar Edi.

Sementara itu, Kadisbunhut BU belum berhasil dikonfirmasi mengenai masalah ini karena yang bersangkutan sedang tidak berada di kantor karena ada kegiatan di luar. Bibit sawit tersebut merupakan pengadaan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan BU melalui DAK tahun 2007.(212)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s