150 KK Warga Trans Kelaparan

BE/Senin, 11-Februari-2008

 

 

 


KOTA PADANG, BE – Sebanyak 150 Kepala Keluarga (KK) warga transmigrasi Desa Lubuk Mumpo Kec Kota Padang penempatan tahun 2006 lalu, saat ini mengalami kelaparan. Pasalnya jatah hidup yang diberikan oleh pemerintah tidak ada lagi. Di sisi lain lahan usaha yang diberikan pemerintah kepada masyarakat hanya separuh jumlah KK. Sedangkan 50 persennya lagi belum memiliki lahan usaha. Hal ini diungkapkan Ketua Komisi III DPRD Kab RL, Yurizal MBe pada koran ini, kemarin.

Yurizal mengatakan, pada tahun 2006 lalu pemerintah telah menempatkan warga trans Lubuk Mumpo sebanyak 150 KK dengan rincian 50 persen warga pendatang dan 50
persen lagi warga lokal atau masing-masing 75 KK. Sayangnya lahan yang diberikan tidak layak dan hanya separuh dari jumlah KK yang ada. Sementara jatah hidup yang diberikan pemerintah saat ini sudah habis.

Lalu pada tahun 2007 pemerintah kembali menempatkan sebanyak 100 KK di lokasi transmigrasi tersebut dengan pembagian sama, 50 persen warga lokal dan 50 persen lagi warga pendatang. Tapi untuk penempatan tahun 2007 ini hanya ada 25 KK warga luar daerah, yakni dari Jawa Barat. Sedangkan warga lokal malah sama sekali belum ada yang masuk ke lokasi trans. Sehingga masih ada 75 KK lagi lokasi trans yang belum terisi.
Masalahnya lagi, transmigran penempatan 2007 ini belum diberikan lahan usaha.

”Memang jatah hidup mereka masih ada. Tapi kalau lahan usaha tidak diberikan, nasib mereka akan sama dengan transmigran penempatan 2006. Bahkan saat ini sudah banyak transmigran tahun 2006 yang mengirim surat kepada keluarga mereka di pulau Jawa untuk pulang, karena mereka mengatakan pemerintah tidak menepati janjinya,” kata Yurizal.

”Sebenarnya sudah berulang kali saya menyampaikan masalah ini kepada pemerintah. Bahkan mungkin mulut saya sampai berbuih, tapi pemerintah tetap cuek. Kali ini kami tidak main-main lagi, dalam minggu ini juga Komisi III DPRD Kab RL akan memanggil pemerintah dan dinas teknis untuk memecahkan masalah tersebut dan menanyakan bagaimana sebenarnya kondisi yang terjadi di lokasi trans tersebut, tambah Yurizal. (131)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s