Gizi Buruk, Indikasi Kegagalan Pemkab

RB/Kamis, 06-Maret-2008

LEBONG – Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Lebong Rahmad Effendy, SE menilai masih ditemukannya kasus gizi buruk merupakan indikator belum berhasilnya Pemkab Lebong dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Harusnya, setiap tahun Pemkab mengalokasikan program atau kegiatan yang menjadi solusi pengentasan kemiskinan. “Sudah menjadi tuntutan masyarakat untuk lepas dari belenggu kemiskinan. Karenanya, ketika mengetahui masih ditemukan kasus gizi buruk di Lebong, sangat kami sayangkan,” kata Rahmad.

Karenanya, lanjut Rahmad, pihaknya berharap mulai tahun ini Pemkab lebih memprioritaskan program peningkatan kesejahteraan masyarakat. Temasuk dalam menangangani persoalan gizi buruk, jangan sampai ke depan ditemukan kembali kasus serupa.

“Caranya, tentu saja melalui kebijakan yang merakyat. Bukan melalui kebijakan yang mengutamakan kepentingan segelintir orang. Yang tak jarang dibuat dengan mengatasnamakan untuk rakyat,” kata Rahmad.
Secara terpisah, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lebong Noharli, S. Sos menilai kurang pantas bila hanya pemerintah yang disalahkan terkait masih ditemukannya penderita gizi buruk.

Menurutnya, seluruh elemen harus menyadari sebagai kesalahan bersama. Terutama bagi pihak yang telah memahami arti penting kesehatan masyarakat.
“Bukan membela pemerintah. Tapi perlu diakui bahwa itu salah kita semua.

Selama ini kan kita tidak pernah saling bekerjasama untuk mengantisipasinya. Ya, kalau hanya pemerintah yang bekerja, sementara yang lain tidak, tentunya apa yang dilakukan pemerintah itu tidak akan maksimal,” kata Noharli. (dmi)

By Akar Foundation Posted in Lebong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s