Kecil, Kans Lebong Terima Kompensasi

Rakyat Bengkulu. Rabu, 11-Juli-2007

LEBONG – Kans Lebong sangat kecil untuk menerima kompensasi dari dunia internasional terkait dengan kawasan tanam nasional kerinci seblat (TNKS). Pasalnya, hasil penelitian UNESCO memperlihatkan bahwa tekanan dan ancaman terhadap kawasan tersebut masih sangat tinggi. Serta, nilai dan integritas kawasan tersebut cenderung semakin menurun.

Demikian dikemukakan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lebong, Rosjonsyah, saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin siang. ”Itu penjelasan Kasubdit Kawasan Pelestarian Alam dan Taman Buru Direktorat Konservasi Kawasan Departemen Kehutanan Ir. Puspa Dewi Liman, M. Sc, yang saya temui beberapa hari lalu.

Menurutnya, upaya untuk mendapatkan kompensasi itu bukanlah mudah. Apalagi, jika hanya dilakukan pemerintah daerah,” kata Rosjonsyah.

Dilanjutkan Rosjonsyah, ada lima poin permasalahan yang disebutkan UNESCO. Meliputi, semakin meluasnya perambahan pertanian, illegal logging, pencurian satwa, pembangunan jalan, dan isu institusi.

Mengenai isu institusi, terkait belum terpadunya para pihak terkait dalam melaksanakan peran dan tanggung jawabnya dalam menjaga kawasan tersebut.

”Belum dianggap sebagai tanggung jawab bersama. Bahkan, masih ditemukan rasa tidak saling percaya diantara para pihak. Artinya, wajar saja bila dikatakan kans tersebut sangat kecil. Sebab, masih banyak permasalahan yang harus diatasi dan dibenahi,” kata Rosjonsyah.

Walau demikian, Rosjonsyah berharap jangan sampai Pemkab kehilangan semangat. Selain berupaya ikut membenahi permasalahan tersebut, Pemkab diminta mencari terobosan untuk memperoleh kompensasi. Bahwa Kabupaten Konservasi bisa dijadikan sebagai keunggulan kompetitif untuk mempertinggi harga jual beragam komoditi pertanian dan perkebunan.

”Apalagi kompensasinya langsung diterima masyarakat. Jadi slogan mewujudkan kabupaten konservasi akan mensejahterakan masyarakat, sangat mungkin terjadi,” kata Rosjonsyah. (dmi)

By Akar Foundation Posted in Lebong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s