Dishutbun Intensifkan Patroli Illegal Logging

Rakyat Bengkulu Kamis, 04-Oktober-2007


LEBONG – PLH Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Lebong, Drs. Aswan memperkirakan situasi menjelang dan sesudah lebaran potensial dimanfaatkan para pelaku illegal logging melakukan aksinya. Terutama di daerah kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Karena itu, untuk mengantisipasinya pihaknya akan memperketat upaya pemantauan.

Selain akan mengintensifkan kegiatan patroli, penjagaan di pos pengawas hasil kehutanan pun akan semakin kami tingkatkan, kata Aswan.

Menurut Aswan perkiraan itu bukan tidak beralasan. Pasalnya, pengalaman tahun lalu memperlihatkan fakta tersebut. Dari tiga kali operasi yang dilakukan, Dishutbun berhasil mengamankan sekitar 7,193 meter kubik kayu. Operasi pertama di Desa Tambang Sawah (01/10/06), mereka berhasil mengamankan 0,893 meter kubik kayu jenis Meranti.

Operasi kedua di DAS Air Sulap di Desa Talang Donok (11/10/06), sekitar 2,01 meter kubik kayu jenis Medang berhasil diamankan. Dan operasi ketiga di DAS Air Ketahun di Desa Bandar Agung (19/10/06), berhasil mengamankan 4,29 meter kubik kayu jenis Meranti dan Surian. Ketiga tumpukan kayu yang ditemukan itu diduga kuat berasal dari kawasan TNKS.

Sayangnya, kami tidak bisa mengungkapkan pelakunya, kata Aswan. Dijelaskan Aswan, ada hal yang dinilai menjadikan situasi menjelang dan sesudah lebaran potensial dimanfaatkan. Selain terjadi peningkatan pengeluaran dalam rangka merayakan lebaran, diperkirakan pula para pelakunya pun beranggapan bahwa menjelang lebaran para petugas mengesampingkan perhatian terhadap aktivitas tersebut.

Termasuk, kami pun akan menyampaikan surat edaran yang isinya mengimbau para aparat desa agar semakin memperketat pemantauan terhadap kawasan hutan di sekitar desa mereka. Terutama untuk 43 desa yang bersentuhan langsung dengan kawasan hutan TNKS dan lindung, kata Aswan. (dmi)

By Akar Foundation Posted in Lebong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s